Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TIPS MENGURANGI KEBIASAAN MEROKOK

Dewasa ini, budaya merokok semakin tumbuh subur di kalangan para pria. Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan buruk, karena merokok dapat merusak kesehatan tubuh terutama paru-paru. Selain, itu seorang perokok berat dapat terancam dengan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, gangguan pernafasan, paru-paru bocor, impotensi dan penyakit lainnya. Untuk meminimalisir terjangkitnya seorang perokok dari berbagai penyakit tersebut, maka ada baiknya seorang perokok mengurangi rokok yang dikonsumsinya, sedikit demi sedikit.

Memang bukan hal mudah bagi seorang perokok untuk keluar dari kebiasaan merokok, karena mengurangi rokok, perlu kerja keras dan kemauan yang tinggi dari perokok itu sendiri. Namun, ada beberapa cara praktis untuk dapat keluar dari kebiasaan buruk tersebut. Cara praktis tersebut diantaranya:
1. Hal pertama yang harus dilakukan perokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya adalah dengan menanamkan kemauan yang kuat untuk dapat keluar dari kebiasaan tersebut.
2. Hendaklah seorang perokok menyadari bahaya rokok bagi kesehatan tubuhnya.
3. Pilihlah teman-teman baik yang tidak suka merokok, dan jauhilah teman-teman yang memiliki budaya merokok.
4. Berusahalah untuk mengurangi rokok yang dikonsumsi, sedikit demi sedikit secara rutin setiap harinya.
5. Alihkanlah perhatian ketika timbul keinginan merokok pada diri Anda, misalnya mengalihkan keinginan merokok tersebut dengan memakan permen, makan cemilan sehat atau makan buah.
6. Tidak ada salahnya meminta bantuan keluarga untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut, misalnya dengan cara mengingatkan Anda akan bahaya rokok, lebih intensif mengajak ngobrol untuk mengalihkan perhatian Anda akan rokok ataupun melakukan tindakan tegas ketika Anda melanggar proses rehabilitasi merokok Anda.
7. Jauhilah kebiasaan melamun, kebiasaan menyendiri atau diam tanpa melakukan aktifitas apapun, karena hal tersbut dapat memicu keinginan merokok.
8. Sibukkanlah diri dengan kegiatan yang positif seperti olahraga, membaca, mengakses internet dan sebagainya.
9. Buanglah segala sesuatu hal yang berhubungan dengan rokok seperti asbak, wadah rokok bahkan korek api, karena cara ini cukup positif untuk membantu Anda melupakan rokok.
Tidak sedikit perokok yang berhasil keluar dari kebiasaan merokok dengan melakukan cara praktis. Sekarang giliran Anda untuk melakukan cara praktis ini, sehingga Anda dapat keluar dari belenggu merokok.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar