Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Paper quilling

Play Your Magic Hands #5 - Belajar Membuat Paper Quilling


Bermain-main dengan kertas memang selalu menyenangkan. Tak ada habisnya jika kita mempelajari semua seni mengolah kertas seperti Origami atau paper-craft. Edisi Play Your Magic Hands kali ini kami kembali mengajak teman-teman untuk berkreasi dengan kertas, mempelajari seni paper-qulling.


Paper-quilling adalah seni menggulung kertas yang ternyata berusia cukup tua. Orang-orang Eropa mulai mengenal seni ini sejak abad ke-17. Ketika itu, paper-quilling disebut paper filigree atau roll work. Kreasi dari paper-quilling ketika itu banyak digunakan sebagai ornamen-ornamen religius. Kemudian seni ini sampai ke Amerika dan mulai berkembang. Hasil kreasinya tidak melulu dijadikan ornamen religius, namun mulai diaplikasikan pada macam-macam benda seperti kotak perhiasan, baki dan juga tatakan gelas. Di Indonesia sendiri, paper-quilling mulai dikenal luas. Dan beruntung sekali, kami mengenal seorang teman yang baik hati yang mau membagi ilmu menggulung kertas-nya di Play Your Magic Hands :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

terapi autisme

Terapi Bagi Individu dengan Autisme

Bila ada pertanyaan mengenai terapi apa yang efektif? Maka jawaban atas pertanyaan ini sangat kompleks, bahkan para orang tua dari anak-anak dengan autisme pun merasa bingung ketika dihadapkan dengan banyaknya treatment dan proses pendidikan yang ditawarkan bagi anak mereka. Beberapa jenis terapi bersifat tradisional dan telah teruji dari waktu ke waktu sementara terapi lainnya mungkin baru saja muncul. Tidak seperti gangguan perkembangan lainnya, tidak banyak petunjuk treatment yang telah dipublikasikan apalagi prosedur yang standar dalam menangani autisme. Bagaimanapun juga para ahli sependapat bahwa terapi harus dimulai sejak awal dan harus diarahkan pada hambatan maupun keterlambatan yang secara umum dimiliki oleh setiap anak autis, misalnya; komunikasi dan persoalan-persolan perilaku. Treatment yang komprehensif umumnya meliputi; Terapi Wicara (Speech Therapy), Okupasi Terapi (Occupational Therapy) dan Applied Behavior Analisis (ABA) untuk mengubah serta memodifikasi perilaku.
Berikut ini adalah suatu uraian sederhana dari berbagai literatur yang ada dan ringkasan penjelasan yang tidak menyeluruh dari beberapa treatment yang diakui saat ini. Menjadi keharusan bagi orang tua untuk mencari tahu dan mengenali treatment yang dipilihnya langsung kepada orang-orang yang profesional dibidangnya. Sebagian dari teknik ini adalah program menyeluruh, sedang yang lain dirancang menuju target tertentu yang menjadi hambatan atau kesulitan para penyandangnya.
  • Educational Treatment, meliputi tetapi tidak terbatas pada: Applied Behavior Analysis (ABA) yang prinsip-prinsipnya digunakan dalam penelitian Lovaas sehingga sering disamakan dengan Discrete Trial Training atau Intervensi Perilaku Intensif.
  • Pendekatan developmental yang dikaitkan dengan pendidikan yang dikenal sebagai Floortime.
  • TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication – Handicapped Children).
  • Biological Treatment, meliputi tetapi tidak terbatas pada: diet, pemberian vitamin dan pemberian obat-obatan untuk mengurangi perilaku-perilaku tertentu (agresivitas, hiperaktif, melukai diri sendiri, dsb.).
  • Speech – Language Therapy (Terapi Wicara), meliputi tetapi tidak terbatas pada usaha penanganan gangguan asosiasi dan gangguan proses auditory/pendengaran.
  • Komunikasi, peningkatan kemampuan komunikasi, seperti PECS (Picture Exchange Communication System), bahasa isyarat, strategi visual menggunakan gambar dalam berkomunikasi dan pendukung-pendukung komunikasi lainnya.
  • Pelayanan Autisme Intensif, meliputi kerja team dari berbagai disiplin ilmu yang memberikan intervensi baik di rumah, sekolah maupun lngkungan sosial lainnya.
  • Terapi yang bersifat Sensoris, meliputi tetapi tidak terbatas pada Occupational Therapy (OT), dan Auditory Integration Training (AIT).
Dengan adanya berbagai jenis terapi yang dapat dipilih oleh orang tua, maka sangat penting bagi mereka untuk memilih salah satu jenis terapi yang dapat meningkatkan fungsionalitas anak dan mengurangi gangguan serta hambatan autisme. Sangat disayangkan masih minim data ilmiah yang mampu mendukung berbagai jenis terapi yang dapat dipilih orang tua di Indonesia saat ini. Fakta menyebutkan bahwa sangat sulit membuat suatu penelitian mengenai autisme. Sangat banyak variabel-variabel yang dimiliki anak, dari tingkat keparahan gangguannya hingga lingkungan sekitarnya dan belum lagi etika yang ada didalamnya untuk membuat suatu penelitian itu sungguh-sungguh terkontrol. Sangat tidak mungkin mengontrol semua variabel yang ada sehingga data yang dihasilkan dari penelitian-penelitian sebelumnya mungkin secara statistik tidak akurat.
Tidak ada satupun jenis terapi yang berhasil bagi semua anak. Terapi harus disesuaikan dengan kebutuhan anak, berdasarkan pada potensinya, kekurangannya dan tentu saja sesuai dengan minat anak sendiri. Terapi harus dilakukan secara multidisiplin ilmu, misalnya menggunakan; okupasi terapi, terapi wicara dan terapi perilaku sebagai basisnya. Tenaga ahli yang menangani anak harus mampu mengarahkan pilihan-pilihan anda terhadap berbagai jenis terapi yang ada saat ini. Tidak ada jaminan apakah terapi yang dipilih oleh orang tua maupun keluarga sungguh-sungguh akan berjalan efektif. Namun demikian, tentukan salah satu jenis terapi dan laksanakan secara konsisten, bila tidak terlihat perubahan atau kemajuan yang nyata selama 3 bulan dapat melakukan perubahan terapi. Bimbingan dan arahan yang diberikan harus dilaksanakan oleh orang tua secara konsisten. Bila terlihat kemajuan yang signifikan selama 3 bulan maka bentuk intervensi lainnya dapat ditambahkan. Tetap bersikap obyektif dan tanyakan kepada para ahli bila terjadi perubahan-perubahan perilaku lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

contoh soal termokimia SMA kelas XI


Soal Termokimia
SOAL-SOAL KALORIMETRI, HUKUM HESS, DAN KALOR PEMBAKARAN
PILIHAN GANDA !!


1. Pernyataan yang benar untuk reaksi : 2CO(g) + O2(g) → 2CO2(g) , ΔH = x kJ
adalah ....
a. kalor pembentukkan CO = 2x kJ. Mol-1
b. kalor penguraian CO = x kJ. Mol-1
c. kalor pembakaran CO = 2x kJ. Mol-1
d. kalor pembakaran CO = ½ x kJ. Mol-1
e. kalor pembentukan CO2 = ½ x kJ. Mol-1

2. Diketahui persamaan termokimia berikut :
2 NO (g) + O2(g) → N2O4(g), ΔH = a kJ
NO(g) + ½ O2(g) → NO2(g) ΔH = b kJ
Besarnya ΔH untuk reaksi : 2 NO2(g) → N2O4(g), adalah ....
a. (a + b ) kJ d. (a + 2b) kJ
b. (a – 2b) kJ e. (2a + b) kJ
c. (- a + 2b) kJ

3. Pada reaksi : 2NH3(g) → N2(g) + 3H2(g) ΔH = + 1173 kJ
maka energi ikatan rata-rata N – H adalah ....
a. 1173,0 kJ d. 195,5 kJ
b. 586,5 kJ e. 159,5 kJ
c. 391,0 kJ

4. Diketahui energi ikatan sebagai berikut :
C – C = 347 kJ. Mol-1
C = C = 612 kJ. Mol-1
C – Cl = 331 kJ. Mol-1
C – H = 414 kJ. Mol-1
Cl – Cl = 243 kJ. Mol-1
Harga ΔH untuk reaksi : H2C = CH2 + Cl2 → ClH2C – CH2Cl adalah ....
a. – 684 kJ b. – 154 kJ c. + 89 kJ d. + 177 kJ e. + 241 Kj

5. Jika serbuk seng dimasukkan ke dalam 100 mL larutan CuSO4 0,2 M , terjadi kenaikkan suhu 10 ˚ C menurut reaksi : Zn(s) + Cu2+ (aq) → Cu(s) + Zn 2+(aq)
dianggap bahwa kapasitas kalor larutan 4,2 J/g ˚ C dan kapasitas panas bejana plastik boleh diabaikan. ΔH untuk reaksi tersebut adalah .... kJ
a. 210 b. 84 c. 4,2 d. – 84 e. – 210

6. Jika diketahui persamaan termokimia :
N2(g) + O2(g) → NO(g) ΔH = 181,4 kJ
Maka kalor yang diserap untuk membakar 44,8 L N2 (O ˚ C, 1 atm ) adalah ... kJ
a. 181,4 b. 90,7 c. 18,14 d. 907 e. 36,28

7. Diketahui ΔHf CO2, H2O, dan C2H4 berturut-turut : - 395,2 kj/mol, - 242,76 kj/mol, dan – 52,76 kj/mol. Kalor yang dihasilkan pada pembakaran 5,6 gram C2H4 (C=12, H=1) menurut reaksi : C2H4(g) + O2(g) → CO2(g) + H2O(l) ( belum setara ) adalah:
a. – 1223,17 kj/mol d. – 585,21 kj/mol
b. 244,63 kj/mol e. 1223,17 kj/mol
c. – 244,63 kj/mol

8. Ke dalam sebuah tabung reaksi dimasukkan kristal NH4Cl dan kristal Ba(OH)2. 8H2O. Reaksi segera berlangsung, ditandai dengan penurunan suhu. Pernyataan yang benar tentang eksperimen tersebut adalah ....
a. reaksi eksoterm, karena terjadi perpindahan energi dari sistem ke lingkungan
b. reaksi eksoterm, karena terjadi perpindahan energi dari lingkungan ke sistem
c. reaksi endoterm, karena terjadi perpindahan energi dari sistem ke lingkungan
d. reaksi endoterm, karena terjadi perpindahan energi dari lingkungan ke sistem
e. reaksi endoterm, karena entalpi sistem berkurang.

9. Kalor pembentukan AgNO3 adalah – 23 kkal/mol. Pernyataan tersebut dapat ditulis :
a. Ag+ + NO3- → AgNO3 + 23 kkal
b. 2Ag(s) + N2 (g) + 3 O2(g) → 2AgNO3 + 46 kkal
c. 2Ag(s) + 2 HNO3 → 2AgNO3 + H2 + 46 kkal
d. Ag2O + N2O5(g) → 2AgNO3 + 46 kkal
e. Ag+ + NO3- → AgNO3 + 46 kkal


10. Diketahui :
C + 2 S → CS2 ΔH = +19,7 kkal
S + O2 → SO2 ΔH = - 71,2 kkal
C + O2 → CO2 ΔH = - 97,8 kkal
CS2 + 3 O2 → CO2 + 2 SO2 ΔH = X kkal
Harga X adalah ….
a. 319,7 kkal c. 259,9 kkal e. 188,7 kkal
b. – 319,7 kkal d. – 259,9 kkal


11. Diketahui reaksi :
4 C + 6 H2 + O2 → 2C 2 H5OH, ΔH = - 13,28 kkal.
Dari reaksi di atas dapat disimpulkan bahwa pembentukan 9,2 gram C 2 H5OH ( Ar C=12; H=1; O=16) , terjadi ….
a. Pembebasan kalor 6,14 kkal
b. Penyerapan kalor 13,28 kkal
c. Pembebasan kalor 13,28 kkal
d. Penyerapan kalor 26,56 kkal
e. Pembebasan kalor 26,56 kkal
12. Diketahui kalor pembakaran aseteline ( C2H2) adalah a kkal/mol; sedang kalor pembentukan CO2 (g) = b kkal/mol; dan kalor pembentukan H2O (l) = c kkal/mol. Maka menurut hukum Hess , kalor pembentukan aseteline adalah ….
a. – a + 2b + c c. – a - 2b – c e. a – 2 b – c
b. – a – 2 b + c d. a + 2 B + c


13. Diketahui reaksi-reaksi berikut :
S(s) + O2(g) → SO2 (g) ΔH = A kkal
2 SO2(g) + O2(g) → 2SO3 (g) ΔH = B kkal
Perubahan entalpi untuk reaksi berikut :
2S(s) + 3 O2(g) → 2SO3 (g) adalah ….
a. (A + B) kkal c. ( A – B ) kkal e. (A + 2B) kkal
b. ( 2A + B ) kkal d. ( 2A – B ) kkal


14. Diketahui energi ikatan rata-rata :
C = C = 620 kJ/mol
C – H = 414 kJ/mol
C – C = 347 kJ/mol
C – Br = 276 kJ/mol
H – Br = 366 kJ/mol
Dan reaksi adisi dari :
C2H4 + HBr → C 2 H5Br
Jika etena yang diadisi sebanyak 2,24 liter pada STP maka kalor yang menyertai reaksi adalah ….
a. + 51 kJ b. + 5,1 kJ c. – 5,1 kJ d. – 51 kJ e. – 510 kJ
2 SO3(g)

2 S(s) + 3O2
15. ΔH = - 790 kJ










2 SO2(g) + O2(g)
ΔH = - 593 kJ ΔH = x kJ
Dari diagram di atas maka x adalah ….
a. – 197 kJ c. – 1383 kJ e. – 1970 kJ
b. + 197 kJ d. + 1383 kJ
16. Diketahui reaksi : NaOH (aq) + HCl → NaCl(aq) + H2O(l) ΔH = - 56 kJ/mol.
Bila 100 cm3 larutan HCl 0,25 M direaksikan dengan 200 cm3 larutan NaOH 0,15 M, maka perubahan entalpi yang terjadi dalam reaksi ini adalah ….
a. – 0,56 kJ c. – 3,08 kJ e. – 2,80 kJ

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

humor


Anto yang duduk dibangku SD ditanya Bu Fanny, Gurunya
Bu Fanny : Anto, ada 5 bebek yang lagi mencari makan disawah. Kalo ditembak pemburu,
kena satu yang tinggal berapa ?
Setelah berpikir sejenak, si Anto menjawab “Ga ada sisanya bu ”
Bu Fanny bertanya “kenapa ga ada sisanya ?”
Si Anto menjawab” yang lain terbang semua karena kaget”
Bu Fanny tersenyum bijak dan berkata “yah, sebetulnya bukan itu jawabannya. tapi saya suka cara
berpikir kamu ”
Kebiasaan makan dipesawat terbang …….
Bila selesai makan, garpu dan sendok :
1. disilangkan = penumpang dari Amerika
2. sejajar = penumpang dari benua Eropa
3. Sejajar diluar piring = penumpang dari Jepang
4. hilang = penumpang dari Indonesia
Seorang guru Sejarah memberikan pertanyaan kepada murid-muridnya,
“Anak-anak, siapa yang menulis Pancasila dan UUD 1945?”
Murid-murid semua diam seribu bahasa. Karena hingga menjelang usai jam pelajaran belum satu murid pun menjawab, sang guru marah dan akhirnya menghukum seluruh muridnya berjemur di lapangan upacara hingga sore hari. Salah seorang murid tersebut, sebut saja Anto, tiba di rumah dengan menangis tersedu-sedu. Ayahnya yang keheranan bertanya,
“To, kenapa kamu? Berkelahi?”
Anto menjawab, “Bukan Pak, tapi kami dihukum jemur oleh pak Guru.” Ayahnya bertanya lagi, “Kenapa sampai dihukum?”
Anto menjawab, “Kami tidak menjawab siapa yang menulis Pancasila dan UUD 1945, pak” Tiba-tiba muka sang Ayah merah padam dan menampar anaknya itu sembari menghardik,
“Kenapa tidak mengaku saja kamu yang menulisnya!!!”

Dalam rapat perkembangan teknologi abad-21, ada utusan dari indonesia, jepang dan amerika. Amerika melihatkan kemajuan teknologinya.
Saat ada telpon masuk, Amerika tidak lagi menggunakan hp, tapi memegang kancing bajunya dan berbicara.
Orang Indonesia heran “Wuih gila loe yach, bisa kayak gitu”
Orang jepang langsung nyeletuk, “Wach punyaku lebih gila lagi nich….”dan kemudian dengan jari jempol dan kelinking orang jepang itu menelpon rekannya, ck..ck…’ memang gila nich…,”kata orang indonesia itu dengan rasa kagumnya. akhirnya orang indonesia ini bingung, apa yang akan ditunjukkan kepada kedua rekannya itu. tiba-tiba orang indonesia ini menggetarkan badannya dan matanya merem melek. orang amrik dan jepang bingung, lantas bertanya,” hi..hi… kamu sedang ngapain…..”
“Hus diam !!! fax sedang masuk nich….!!!” kata orang indonesia
Alkisah di negara Afrika sana, manusia yang paling hitam adalah yang paling hebat! Hitam dalam arti hitam segala-galanya, itulah Negro Sejati! Ada 3 orang anak kecil yang sedang membandingkan kehitaman Bapaknya.
Anak yang ke 1 : ” Babe gue kemarin sedang ngupas Apel, eh..tangannya
terluka, DARAH nya HITAM!!!!…
Anak yang ke 2 : “Papi ku kemarin sedang benerin Parabola,eh..terjatuh
sampai patah tulang, TULANG nya HITAM !!!”
Anak yang ke 3, nggak mau kalah hebat : “Hm.. itu belum seberapa,tadi
malam waktu kami sedang nonton TV diruang keluarga, tiba-tiba Bokap
gua KENTUT, …..e-eh,…tiba tiba seluruh ruangan jadi GELAP !!!!!!”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS